Minggu, 31 Agustus 2014

Konsumen Truk Suka yang ”Panjang-panjang”

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif – ”Bigger or Longer is Better”. Pepatah itu berlaku untuk pengguna truk di Indonesia. Salah satu indikatornya bisa dilihat dari semakin banyaknya konsumen truk medium Fuso dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang menginginkan sasis lebih panjang. Alasan, demi memuat lebih banyak barang karena pertimbangan efisiensi dan nilai ekonomi.

Fenomena itulah yang memicu KTB menghadirkan medium truk dengan sasis lebih panjang. Hal ini dirasa sebagai peluang, mengingat saat ini, demi mendapat muatan lebih banyak, konsumen rela memodifikasi sasis. Memang sah dilakukan, namun unsur keselamatan dan keseimbangan desain tidak ada jaminan.

Rizwan Alamsjah, Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB, mengatakan, tren kebutuhan pengguna truk dengan sasis lebih panjang cukup besar.  ”Kebutuhannya ada. Dua Fuso dengan sasis panjang yang kami luncurkan hari ini (3/6/2014) saja sudah dipesan 300 unit. Menurut saya bisa sepertiga dari permintaan medium truck,” tegasnya di kantor Pusat KTB, Pulomas, Jakarta Timur.

Ditambahkannya, penggunaan truk medium lebih banyak dipakai sebagai pengangkut barang konsumsi. Artinya, semakin banyak muatan dalam sekali jalan akan jauh lebih menguntungkan. Berbeda dengan barang komoditi dan pertambangan, yang tidak selalu memperhitungkan jumlah muatan, namun kualitas barang dan unsur keselamatan.

”Menurut saya akan semakin laku ke depan, terutama untuk jenis sasis dengan panjang di atas 5 meter. Dengan catatan, penggunaannya lebih banyak dipakai di daerah-daerah yang infrastruktur mendukung. Target 2.000an per bulan untuk medium truk, untuk yang panjang bisa 30 persennya,” jelas Rizwan.

0 komentar:

Posting Komentar