Jumat, 29 Agustus 2014

Honda Patenkan Sepeda Motor Retro

// // Leave a Comment
Los Angeles, KompasOtomotif — Honda tertangkap tengah mengajukan paten sepeda motor baru bergaya retro, di Kantor Kekayaan Intelektual Amerika Serikat, seperti dilansirMotorcycle, Kamis (15/5/2014). Dari gambar yang dipatenkan, terlihat kalau sepeda motor terbaru tersebut bergaya dual sport.

Fakta ini memperkuat kalau Honda tengah menyiapkan model baru dengan gaya retro sebelumnya. Hal ini terlihat dari bentuk lampu depan yang bulat, pelek jari-jari, dan knalpot tinggi yang menggambarkan kemampuan off-road, tetapi tanpa pelindung tangan.

Diduga, model baru ini mengusung mesin 1.000 cc paralel kembar. Filter udara terlihat besar di sisi rangka sehingga desain tangki bisa tetap dijaga langsing. Desain itu juga membuat perawatan harian jadi lebih mudah dilakukan.

Belum ada informasi tambahan kapan model baru ini akan mulai diproduksi. Biasanya, kalau paten dimasukkan, model baru terealisasi dalam beberapa tahun mendatang, sekaligus dalam masa pengembangan.
Selain paten gambar, dua nama juga disebut dalam berkas paten ini, yakni Elsinore dan Africa Twin. Kedua nama ini punya tradisi panjang. Elsinore merupakan nama sepeda motor trail Honda yang pernah dipasarkan pada 1973, tetapi dulu dibekali mesin kecil. Karena menggunakan mesin besar 1.000 cc, model baru ini sepertinya kurang cocok jika disebut sebagai suksesor Elsinore.

Sementara itu, "Africa Twin" bisa jadi opsi lebih tepat, dengan bekal mesin yang disiapkan. Nama ini juga cocok untuk sepeda motor bergaya petualang seperti Yamaha Super Tenere atau Triumph Explorer.

0 komentar:

Posting Komentar