Rabu, 03 September 2014

Sepeda Motor Tercepat di Dunia Meluncur Minggu Depan

// // Leave a Comment
California, KompasOtomotif – Setelah hampir dua tahun melesat sebagai sepeda motor balap, Lightning Superbike akhirnya akan dijual secara massal. Lightning Motorcycle (LM) akan merilis versi produksi massal LS-218, pada Sabtu, (17/5/2014), di ajang Quail Motorcycle Gathering, di Carmel, California.

Ya, inilah sepeda motor versi jalanan yang diklaim tercepat, berdasarkan rekor dunia yang pernah tercipta dari versi balapnya. Sebagai bukti, di arena Pikes Peak International Hill Climb, Lightning Superbike yang berenergi listrik sanggup menjadi yang tercepat meski melawan sepeda motor berbahan bakar bensin.

Teknologi mesin yang dibawanya dimasukkan dalam nominasi Engine Technology of the Yearoleh majalah Race Engine Technology. Jantung pacu menggunakan baterai bertenaga 150 kW dengan pendingin cairan IPM. Mesin ini setara dengan tenaga 200 PS dan torsi 227 Nm pada sepeda motor bensin.

Pasar
Hatfield, CEO LM, memahami, pasar akan ”menghakimi” sepeda motor ini, terutama jika dibandingkan dengan mesin sepeda motor dengan internal-combustion engine. ”Agar bisa diterima oleh pengguna sepeda motor, kami butuh bukti, termasuk dari desain dan performa. Dengan mengikuti ajang balap kelas dunia, kami bisa membuktikan bahwa LS-218 nanti akan diterima,” katanya.

Saking optimisnya, LM mengklaim sosok LS-218 akan memberikan kesempatan para pengendara untuk memecahkan rekor kecepatan sepeda motor di darat dan memenangi kompetisi balap. Ini adalah sesuatu yang belum pernah dijanjikan produsen mana pun.

LM hanya membuka sedikit spesifikasi teknis. Namun, diketahui sepeda motor ini bisa menjelajah jalanan sekitar 160 km dalam sekali pengisian baterai. Untuk mengisi ulang termasuk cepat, hanya 30 menit sampai penuh kembali. LM akan membanderol sepeda motor ini 38.888 dollar AS atau setara Rp 448 juta.

0 komentar:

Posting Komentar